GBHO Garis-garis Besar Haluan Organisasi - HIMALA UNMA BANTEN

HIMALA UNMA BANTEN, Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam yang bertempat di Universitas Methlaul Anwar Banten, dan blog ini menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hususnya informasi Organisasi kami.

Home Top Ad

Post Top Ad

Space Iklan

1/20/2012

GBHO Garis-garis Besar Haluan Organisasi

GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI
UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN MAHASISWA LESTARI ALAM
UNIVERSITAS MATHLA'UL ANWAR BANTEN
(UKM HIMALA UNMA BANTEN)


BAB I
PENDAHULUAN

A.     UMUM
 Garis-Garis Besar Haluan Organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam Universitas Mathla’ul Anwar (UKM HIMALA UNMA) Banten adalah pola umum gerakan UKM HIMALA UNMA Banten  yang dirumuskan dalam Garis-garis besar sebagai acuan bagi pelaksaan program-program organisasi agar senantiasa terarah, terpadu dan berkesinambungan disetiap Periode kepengurusan dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi UKM HIMALA UNMA Banten;
 Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) difokuskan pada perwujudan tugas Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam Universitas Mathla’ul Anwar (UKM HIMALA UNMA) Banten yang realistis, yaitu terbinanya insane akademis, peneliti, pengabdi dan berjiwa konservasi yang bernafaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta bertanggung jawab terhadap Kelestarian Lingkungan.
    Contoh-garis-of-arah-orhanisasi
    Contoh Garis-garis Besar Haluan Organisasi
  1. Pola Dasar Kebijakan, adalah dasar-dasar yang dijadikan landasan disusun dan dilaksanakannya suatu kebijakan (program), sehingga pelaksanaannya mengarah pada tercapainya tujuan UKM HIMALA UNMA BANTEN.
4.  Setiap satu periode Pengurus, Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) ini ditinjau dalam MUBES UKM HIMALA UNMA Banten untuk disesuai dengan situasi dan kondisi organisasi UKM HIMALA UNMA Banten dan perkembangan Bangsa dan Negara Indonesia.
B.     Maksud dan Tujuan
Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dimaksudkan untuk memberikan dasar-dasar, arah dan sasaran serta langkah-langkah pencapaian tujuan UKM HIMALA UNMA Banten secara terpadu, bertahap berkesinambungan antara periode sebelumnya dengan periode berikutnya.
C.      Landasan
Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) ini berlandaskan :
1. Tri Dharma Perguruan Tinggi;
2. Kode Etik Pencinta Alam;
3. AD/ART UKM HIMALA UNMA Banten;
4. Keputusan-keputusan Musyawarah Besar (MUBES) VI UKM HIMALA UNMA Banten.

BAB II
POLA DASAR KEBIJAKAN
A.    Makna dan Hakikat Kebijakan UKM HIMALA UNMA BANTEN
Pola Dasar Kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten memberikan dasar-dasar bagi kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten dalam upaya mewujudkan tujuan UKM HIMALA UNMA Banten. 
Pola dasar kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten memuat tentang tujuan kebijakan, prinsip-prinsip kebijakan, sasaran kebijakan serta modal dasar dan faktor dominan. Oleh karena itu, makna dan pola dasar kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten adalah penegasan dari tujuan UKM HIMALA UNMA BANTEN dalam bentuk penjabaran komponen-komponen yang mendasari serta berpengaruh bagi upaya pencapaian tujuan UKM HIMALA UNMA Banten.
Sedangkan hakikat pola dasar kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten adalah wujud nyata dari upaya yang dilakukan secara bersama-sama dalam suatu kerjasama antara pimpinan dan anggota UKM HIMALA UNMA Banten untuk mencapai tujuan UKM HIMALA UNMA Banten.
B.     TUJUAN KEBIJAKAN UKM HIMALA UNMA Banten
Tujuan kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten diarahkan pada tercapainya tujuan UKM HIMALA UNMA Banten yaitu terbentuk dan terbinanya pribadi muslim yang peduli terhadap kelestarian alam dan dan lingkungan sekitarnya.
C.    Prinsip-prinsip Kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten
Untuk mencapai tujuan UKM HIMALA UNMA maka setiap kebijakan atau program yang dilaksanakan hendaknya didasarkan atas prinsip-prinsip:

1. Prinsip Tujuan
Ialah bahwa segala usaha dan program senantiasa mengacu pada pencapaian tujuan UKM HIMALA UNMA Banten yaitu terbentuk dan terbinanya pribadi muslim yang peduli terhadap kelestarian alam dan dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian segala sesuatunya dilakukan bukan secara spontanitas insidental, melainkan sebagai bagian dari upaya pencapaian tujuan itu sendiri.
2. Prinsip Kekeluargaan
Ialah bahwa segala kegiatan yang dilakukan merupakan harmonisasi dari seluruh elemen UKM HIMALA UNMA Banten yang berdasarkan pada semangat persaudaraan.
3. Prinsip Kekaderan
Ialah bahwa segala kegiatan yang dilakukan merupakan pencerminan dari arena didik diri dalam mempersiapkan dan melatih kader-kader yang terlatih dan berkualitas yang diproyeksikan sebagai kader konservasi dalam usaha-usaha penyadaran dan pelestarian alam dan lingkungan. Target kualifikasi profil kader yang dituju dalam keseluruhan proses UKM HIMALA UNMA adalah kader yang memiliki loyalitas terhadap organisasi, Intelektualitas, mandiri dan humanitas.
4. Prinsip Kebersamaan
Bahwa segala bentuk program dan pilihan kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten merupakan hasil kehendak dan orientasi cita-cita seluruh bagian Keluarga UKM HIMALA UNMA Banten. Kolektivitas dan kolegialitas adalah watak HIMALA dalam mengemban misi untuk mencapai tujuan bersama dalam model “tim kerja” dan “kerja tim” bagi program kerja UKM HIMALA UNMA Banten.
1. Prinsip Manfaat
Ialah bahwa segala kegiatan pemberdayaan alam, dilakukan dengan sesuai kebutuhan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesejahteraan masyarakat.
2.    Prinsip Relevansi
Bahwa kebijakan dan program kegiatan UKM HIMALA UNMA adalah serangkaian aktivitas yang dilaksanakan untuk memberikan pemenuhan kebutuhan yang relevan dengan sikap, watak dan kebutuhan Anggota HIMALA.
3.    Prinsip Kesinambungan
Bahwa kegiatan-kegiatan UKM HIMALA UNMA dalam setiap struktur pimpinan senantiasa memperhatikan kebutuhan jangka panjang dan kesinambungan gerakan.
4.    Prinsip Kemajuan atau Progresifitas
Bahwa segala bentuk program, kegiatan, maupun pilihan kebijakan UKM HIMALA UNMA Banten senantiasa diambil sebagai usaha UKM HIMALA UNMA Banten ke arah yang lebih baik, lebih progresif bagi Kelestarian Alam dan Lingkungan.
5.    Prinsip independensi
Segala  bentuk aktifitas UKM HIMALA UNMA Banten tidak berafiliansi dengan partai politik manapun, tidak berpolitik praktis serta tidak terintervensi oleh pihak manapun.
D.    SASARAN KEBIJAKAN UKM HIMALA UNMA
1.    Sasaran Personal
Itu adalah target pengembangan dan pengembangan kepribadian dan sumber daya para siswa, baik secara alami dan fisik. Untuk itu, pembinaan dan pengembangan diarahkan pada:
a. Kualitas kader dan pimpinan UKM HIMALA UNMA Banten adalah beretika dan bermoral sesuai dengan aturan sosial yang berlaku;
b.  Terbinya kualitas kader dan pimpinan UKM HIMALA UNMA Banten yang memiliki tingkat loyalitas tinggi dan mampu Solid dengan seluruh anggota yang lainnya, sehingga akan tercipta keharmonisan dalam kehidupan berorganisasi.
c. Terbinanya kualitas kader dan pimpinan UKM HIMALA UNMA Banten yang kuat secara fisik, dan mental;
d. Kualitas kader dan kepemimpinan UKMHIMALA UNMA Banten yang kritis dan tanggap terhadap permasalahan-permasalahan yang ada dilingkungannya;
e. Terbinanya kualitas kader dan pimpinan yang cakap menjalankan organisasi sehingga memenuhi standar kualitas anggota dan pimpinan yang memenuhi aturan konstitusi UKM HIMALA UNMA Banten.
2.    Sasaran Institusional
Yakni sasaran yang menyangkut pembinaan dan pengembangan organisasi, baik di dalam (intern) maupun ke luar (ekstern). Pembinaan dan pengembangan yang bersifat internal diarahkan pada penataan, pelaksanaan serta pengawasan organisasi, sehingga secara bertahap akan dicapai keadaan sebagai berikut:
a. Munculnya kepemimpinan mental dan mekanisme kerja kepemimpinan akan secara bertahap mencapai lingkungan tata kelola yang baik. 
b. Terbinanya administrasi organisasi dan atau mekanisme keorganisasian sehingga secara bertahap akan terwujud suasana tata keorganisasian yang baik.
c. Pengembangan program dan kegiatan secara bertahap akan meningkatkan ketertiban tata pemerintahan yang baik. 
Pembinaan dan pengembangan organisasi yang bersifat eksternal diarahkan pada pemantapan organisasi secara bertahap sehingga tercapai suasana sebagai berikut:
a. Munculnya kepemimpinan UKM HIMALA UNMA Banten adalah tertib, baik secara vertikal maupun horizontal dalam rangka melaksanakan program untuk mencapai tujuan UKM HIMALA UNMA Banten.
b. Terbinanya peran aktif UKM HIMALA UNMA Banten sebagai organisasi Kepencinta Alaman dalam usaha-usaha penyadaran dan pelestarian Alam.
c. Terbinanya peran aktif UKM HIMALA UNMA Banten sebagai salah satu organisasi Kepencinta Alaman yang mampu menghimpun dan menyalurkan serta mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di Bidang Kepencinta Alaman.
d. Terbinanya peran aktif UKM HIMALA UNMA Banten sebagai salah satu Organisasi Kemahasiswaan di tengah-tengah dinamika kancah kehidupan kepemudaan dan kebangsaan.
e.  Terjalinnya komunikasi mutualistik UKM HIMALA UNMA dengan pemerintahan, Organisasi-organisasi Lingkungan serta pihak-pihak yang lain.
D.     MODAL DASAR
Modal dasar pengembangan organisasi merupakan potensi yang dimiliki oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam Universitas Mathla’ul Anwar (UKM HIMALA UNMA) Banten, yaitu :
6. Ide Dasar terbentuknya UKM HIMALA UNMA Banten
Berdirinya UKM HIMALA UNMA Banten berawal dari keinginan untuk membentuk wadah pemersatu bagi Mahasiswa-mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar Banten yang peduli akan lingkungan dan kelestarian Alam;
7. Status dan Kedudukan
Status dan Kedudukan UKM HIMALA UNMA Banten sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Mathla’ul Anwar Banten yang dijamin dalam SK Rektor No ……………………....................tahun ………..
8.      Wilayah Konservasi
Universitas Mathla’ul Anwar Banten berada di Kabupaten Pandeglang-Provinsi Banten, yang memiliki Wilayah Konservasi cukup luas.
9.      Sumber Daya Manusia
Anggota UKM HIMALA UNMA Banten tersebar di beberapa Fakultas di Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Sehingga UKM HIMALA UNMA Banten memiliki anggota-anggota yang menguasai berbagai disiplin Ilmu yang Berbeda.
10.  Semangat Kekeluargaan
Semangat Kekeluargaan yang dimiliki baik oleh sesama anggota UKM HIMALA UNMA Banten ataupun sesama Pencinta Alam baik yang berasal Perguruan-Perguruan Tinggi lain se-Indonesia (Mahasiswa Pencinta Alam) ataupun Pencinta Alamam Non Perguruan Tinggi yang berdasarkan Azas Persaudaraan Pencinta Alam, sehingga terbentuk semangat saling membantu diantara seluruh Pencinta Alam.
E.     MEDAN BERKIPRAH
Sebagai Organisasi Mahasiswa, maka medan garap UKM HIMALA UNMA Banten adalah mahasiswa dengan segala potensinya, yaitu semangat juang intektualistis, kritis, analitis, dinamis, idealisme tinggi serta kepeloporan. Potensi ini perlu dikembangkan sehingga menjadi generasi yang tangguh, mandiri serta mempunyai kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan ilmu lingkungan dalam kiprah pengabdian dimasyarakat.
BAB III
PENUTUP
Garis-Garis Besar Haluan Organisasi ini disusun untuk menjadi acuan gerakan UKM HIMALA UNMA Banten di setiap struktur kepemimpinan dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan panduan GBHO diharapkan akan mendukung percepatan dinamika organisasi mendekati tujuan terbentuk dan terbinanya pribadi muslim yang peduli terhadap kelestarian alam dan dan lingkungan sekitarnya.
Baca Juga :

1 comment:

Popular Posts

Post Top Ad