Pentingnya Regenerasi Dalam Organisasi - HIMALA UNMA BANTEN

HIMALA UNMA BANTEN, Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam yang bertempat di Universitas Methlaul Anwar Banten, dan blog ini menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hususnya informasi Organisasi kami.

Home Top Ad

Post Top Ad

Space Iklan

7/18/2018

Pentingnya Regenerasi Dalam Organisasi

Pentingnya Regenerasi Dalam Organisasi

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan  untuk mencapai tujuan bersama. Sebuah organisasi akan berjalan dengan efisien dan efektif bila orang-orang yang berada di dalamnya memiliki visi sama.
Organisasi tentunya memiliki tujuan yang harus di wujudkan bersama baik itu jangka pendek maupun jangka panjang, akan tetapi dalam sebuah organisasi tidak lah mungkin memiliki anggota yang sama selamanya. Bila suatu organisasi telah dikatakan berhasil atau sedang berkembang, ada hal yang yang penting yang harus di lakukan yaitu sebuah regenerasi organisasi. Regenerasi dapat dikatakan sebagai sutu perpindahan tongkat estafet tanggung jawab keorganisasian dari generasi sebelumnya ke generasi yang baru. Regenerasi organisasi dilakukan agar adanya penerus perjuangan dari perwujudan tujuan organisasi yang harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan di tiap generasinya. Adanya regenerasi dalam sebuah organisasi menjadi sebuah rantai penghubung yang akan terus terkait dan membuat suatu organisasi mempertahankan keberadaannya.
Kesuksesan akan sebuah organisasi kedepannya bergantung pada regenerasi yang ada, sebuah regenerasi diadakan selalu dengan harapan untuk peningkatan yang lebih baik dari periode organisasi sebelumnya. Penentuan regenerasi yang tepat akan membawa organisasi ke arah yang lebih baik lagi, tapi sebaliknya bila dalam penentuan regenerasi ada perbedaan visi,kurangnya kekompakan, perbedaan kualitas dan masalah lainnya dapat saja merusak bahkan menghacurkan organisasi.
Anggota adalah roda, inti dari sebuah organisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya, maka anggota adalah aspek yang sangat penting untuk kelangsungan organisasi dengan adanya regenerasi ini, tumbuh bersama-sama membangun dan melanjutkan tujuan organisasi yang sudah ada sebelumnya bahkan dapat meyelamatkan organisasi lama yang mungkin sudah tidak kondusif lagi. Adanya regenerasi ini memberikan angin segar dalam sebuah organisasi, munculnya orang-orang barum, ide-ide baru juga wana yang tentunya baru dalam sebuah organisasi. Setiap organisasi pasti ingin keberadaan organisasinya terus ada, dilanjutkan dengan generasi selanjutnya, bila suatu organisasi tidak memiliki keniginan untuk melakukan sebuah regenerasi sama saja organisasi itu sedang menunggu kepunahan organisasi itu sendiri.
Dalam hal ini Unit Kegiatan Mahasiswa Himpaunan Mahasiswa Lestari Alam Universitas Mathlaul Anwar Banten melaksanakan open rekrutmen setiap satu tahun sekali, yang di selenggarakan oleh DVISI Pengkaderan guna menyaring minat mahasiswa yang peduli akan kelestarian lingkungan.
Adapun tahapan-tahapan pelaksanaan rekrutmen diantaranya 
  1. Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKSAR)
  2. Latihan Manajemen Dasar (LMD)
  3. Diklan Lanjutan (DIKJUT)
  4. Pengembaraan
Ke empat tahapan ini wajib di lewati oleh setiap calon anggota dengan harapan mendapatkan penerus yang memiliki tanggung jawab dan berdedikasi tinggi pada organisasi hususnya pada HIMALA.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Post Top Ad