Peralatan Pribadi Mendaki Gunung - HIMALA UNMA BANTEN

HIMALA UNMA BANTEN, Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam yang bertempat di Universitas Methlaul Anwar Banten, dan blog ini menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hususnya informasi Organisasi kami.

Home Top Ad

Post Top Ad

Space Iklan

9/09/2019

Peralatan Pribadi Mendaki Gunung

Peralatan Pribadi Naik Gunung
Saat ini kegiatan alam bebas mendaki gunung sedang menjadi favorit di kalangan millenial. buat kamu yang sudah / ingin merencanakan mendaki gunung, alangkah baiknya mempersiapkan perlengkapan pribadi dan kelompok yang cukup. karena kegiatan mendaki gunung memiliki resiko tinggi dan jauh dari wilayah penduduk. yuk kita baca tips Perlengkapan Pribadi Mendaki Gunung yang Wajib Kamu bawa.

1. Tas Carrier / Tas Gunung
Tas carrier 
Dengan menggunakan carrier atau tas gunung ini dunakan untuk membawa perlengkapan pribadi saat mendaki gunung dan membantu meringankan beban bawaanmu jika dibandingkan kamu harus memakai tas biasa maka akan terasa lebih berat. Pilihlah  tas sesuai kebutuhanmu.
Raincover : Biasanya sudah 1 paket dengan tas gunung yang berfungsi untuk melindungi tas gunungmu dari hujan dan debu agar lebih awet.

2. Sepatu Gunung atau Sandal Gunung
Sepatu Gunung Terbaik
Sandal Gunung Terbaik
Sepatu ini berfungsi untuk melindungi kakimu. Beberapa orang memilih menggunakan sandal gunung dengan beberapa alasan. Hal ini boleh saja tergantung medan yang ditempuh nantinya namun lebih dianjurkan menggunakan sepatu karena kaki akan lebih terlindungi.

3. Sleeping Bag
Sleeping Bag
Sleeping bag bermanfaat untuk menjaga suhu saat tidur agar tetap normal, ini sangat diperlukan saat kita sedang berkegiatan diluar ruangan seperti mendaki gunung untuk mengurangi resiko terserang hypothermia.

4. Matras/ Alas tidur
Matras

Penggunaan matras juga sangat penting. Penggunaan matras yang seperti ini dibeberapa kesempatan dia cukup memakan tempat. Hal ini bisa diatasi dengan menggunaka alumunium foil. Harga yang lebih ekonomis dan sangat praktis dibawa karena mudah dilipat.



5. Peralatan Makan dan Minum di Gunung
Peralatan Makan di Gunung
Sudah banyak yang menjual alat masak yang satu set seperti ini akan mempermudah kamu untuk masak nanti dan dan multifungsi sebagai tempat makan.


6. Senter Gunung + Baterai cadangan
Senter Outdor
Pilihlah senter dengan cahaya yang dapat menembus kabut. Sangat berguna saat perjalanan malam.

7. Pakaian Ganti
Pakaian Ganti Mendaki Gunung

Pakaian yang digunakan untuk mendaki sebaiknya kamu memilih pakaian yang longgar dan tidak terlalu tebal akan keringat yang dihasilkan cepat kering. Disarankan membawa jak etouter (wind proof) dan jaket inner (wol). Sangat berguna untuk menghalau dinginnya gunung.

- Celana dalam : minimal 2 potong

- Celana pendek : minimal 1 potong
- Kaos : Minimal 2 potong
- Kaos kaki : minimal 2 pasang satu pasang untuk mendaki dan satu pasang lagi untuk tidur
- Sarung tangan : minimal 1 pasang
- Peralatan Sholat : Bagi seorang muslim peralatan ini tidak boleh ketinggalan, bagi perempuan bisa membawa mukena yang berbahan parasut, selain ringan bahan ini juga tidak memakan tempat jika dibawa.

8. Obat-obatan pribadi
Obat obatan pribadi mendaki gunung
Paracetamol, anti alergi, obat masuk angin, minyak kayu putih, koyo, antiseptik dan plaster luka beberapa obat yang bisa dibawa untuk pendakian. Namun bagi kamu yang memiliki penyakit khusus sangat dianjurkan untuk membawa sendiri obat yang dibutuhkan.

9. Jas Hujan
Jas hujan mendaki gunung
Pada musim penghujan jas hujan ini sangat diperlukan untuk melindungi kamu dan bisa juga digunakan untuk melindungi tenda agar tidak merembes saat hujan deras.

Berikut adalah video keterangan peralatan pribagi mendaki gunung

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Post Top Ad