Tips Memilih Alat Snorkeling Yang Baik - HIMALA UNMA BANTEN

HIMALA UNMA BANTEN, Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam yang bertempat di Universitas Methlaul Anwar Banten, dan blog ini menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hususnya informasi Organisasi kami.

Home Top Ad

Post Top Ad

Space Iklan

11/10/2018

Tips Memilih Alat Snorkeling Yang Baik

Cara Memilih Alat Snorkeling
Snorkling merupakan kegiatan menyelam di permukaan air laut yang sangat mudah dan digemari oleh banyak orang. Berbeda dengan diving, kegiatan menyelam bawah laut dengan bantuan oksigen dan beberapa alat khusus.
Namun, semua orang juga bisa menyelam dengan alat snorkle sampai dalam dengan teknik freediving (menafan nafas) atau dengan menggunakan alat dry snorkle. Bagi anda yang tidak bisa berenang, jangan khawatir karena ada jaket pelampung agar badan anda tetap mengambang.
Tapi sebelum itu, mari kita lihat dulu kalau ingin snorkling cukup memiliki tiga alat, yaitu, masker, snorkle, dan fins alat snorkling 1 set.

Tips Memilih Alat Snorkeling Yang Baik
Alat Snorkeling Untuk Pemula
Baca Juga:
10 Cara Snorkeling Dengan Baik
TRANSPLANTASI TRUMBU KARANG
Cara Menggunakan Peralatan Snorkeling
1. Masker Snorkeling
Masker adalah alat untuk melihat lebih jelas alam di bawah lautan. Karena pada dasarnya kaca pada masker 1/4 bisa lebih dekat dan pastinya menjaga anda dari kontak mata dan air laut yang berasa perih jika belum terbiasa.
Tips memilih Masker yang baik:
  1. Nyaman. Inilah kewajiban pertama dalam memilih masker. Sangat berpengaruh pada saat anda menyelam dengan masker yang nyaman.
  2. Pilih bahan berkualitas. Masker yang nyaman dan baik biasanya terbuat dari bahan silikon.
  3. Saat akan membeli masker, tes terlebih dahulu masker dengan cara dipakai, lalu hirup udara sedikit dari hidung lalu tahan napas. Kemudian goyangkan kepala. Jika masker tetap bertahan pada muka, maka besar kemungkinan masker tersebut memang pas.
"Yang terpenting dari masker adalah kenyamanan. Usahakan masker menempel pada seluruh bagian mata atay masker snorkeling full face agar air tidak masuk ke dalam"
Tips Memilih Alat Snorkeling Yang Baik
Gambar Masker Snorkeling
2. Snorkle
Snorkle merupakan alat bantuan pernapasan yang berbentuk pipa. Alat yang terbilang praktis ini memiliki 2 jenis utama, pertama semi dry snorkle dan dry snorkle. 
- Semi Dry Snorkel Splash Guard
Snorkel ini telah memiliki splash guard dan biasanya juga telah dilengkapi dengan fleksibel tube serta katup pembersih. Kegunaan dari tube fleksibel serta katup pembersih adalah jika saat air masuk ke dalam selang, anda cukup meniup/menyemburkannya dengan mulut.
Lalu apa yang dimaksud dengan splash guard? Fitur yang satu ini sesuai dengan namanya, berguna untuk menghindarkan cipratan air masuk ke dalam selang. Namun splash guard ini tetap tak bisa menjaga air agar tak masuk ke selang pada saat Anda dalam posisi menyelam atau saat tertimpa gelombang air yang cukup besar.
- Dry Snorkle
Dry snorkle memang menjadi snorkle dengan fitur yang komplet. Dry snorkle pun memungkinkan Anda untuk bisa menyelam dalam air dengan kondisi snorkle tetap dalam keadaan bernafas dengan mulut.
Hal yang satu ini bisa dilakukan berkat adanya dry valve yang terdapat pada bagian atas snorkel. Katup tersebut mampu sepenuhnya membendung air agar tidak masuk ke dalam selang. Dengan begitu, setelah menyelam Anda tak perlu lagi repot-repot mengeluarkan air yang ada dalam selang. 
Tips memilih Snorkle yang baik:
  1. Snorkle harus memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang dan memiliki diameter yang cukup lebar. Hal ini bertujuan agar mempermudahkan kita dalam mengambil dan menghembuskan udara lewat snorkle.
  2. Snorkle harus cukup elastis dan lentur.
  3. Pilih Snorkle jenis Semi Dry Snorkle atau lebih baiknya Dry Snorkle.
"Dry Snorkle adalah alat favorit bagi para pecinta snorkle. Anda bisa menyelam bebas sampai beberapa menit dengan tetap bernafas dalam mulut karena fitur dry valve"
Tips Memilih Alat Snorkeling Yang Baik
Gambar Senorkle atau Alat Bantu Pernafasan
3. Alat Snorkling Fin
Fin adalah sepatu renang yang memiliki selaput seperti kaki katak. Ada yang menyebut Fin dengan sebutan kaki bebek. Fungis Fin sendiri adalah membantu pergerakan kaki kita dala air, sehingga menambah laju saat snokling.
Tips memilih Fins yang baik dan benar:
  1. Yang harus diingat, fins harus sesuai dengan ukuran kaki. Fins sama halnya dengan sepatu, harus memperhatikan ukuran kaki biar dipakai juga nyaman.
  2. Saat membeli Fins harus dalam keadaan mulus. Rugi donk uda beli mahal-mahal tapi fisiknya cacat.
  3. bahan Fins jangan terlalu kaku, cobalah untuk menggoyangan fins, jika agak keras dan sedikit elastis maka itulah fins yang baik.
Tips Memilih Peralatan Snorkeling Yang Baik
Gambar Fins Snorkleing
"Dari ketiga alat di atas, disarankan anda memiliki sendiri jika ingin wisata, karena jika menyewa, biasanya alatnya tidak berkualitas dan murah, terutama alat snorklingnya"
Dan untuk harga masih-masing alat tergantung merek dan kualitas. Rekomendasi alat snorkeling bagus adalah alat snorkling amscudalat snorkeling Cressi, alat snorkeling aqualung, dll. Namun, Semua tergantung selera dan disarankan beli paket langsung agar harganya tidak mahal.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Post Top Ad