RHINOFEST 2013 - HIMALA UNMA BANTEN

HIMALA UNMA BANTEN, Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam yang bertempat di Universitas Methlaul Anwar Banten, dan blog ini menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hususnya informasi Organisasi kami.

Home Top Ad

Post Top Ad

Space Iklan

8/28/2013

RHINOFEST 2013

RHINOFEST 2013


LATAR BELAKANG
Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional kebanggan Provinsi Banten, karena di taman nasional ini ada satusatwa  primadona kebanggaan masyarakat Banten yaitu badak bercula satu atau Badak Jawa (Rhinoceros Sondaecus Desmares). Sehingga Badak Jawa  dijadikan maskot dari Provinsi ini.
RHINOFEST 2013
Pada kenyataanya masyarakat di Provinsi Banten tidak benar-benar peduli terhadap keberadaan hewan mamalia yang satu ini, halini pernah dibuktikan pada saat survey partisipatif tentang translokasi badak jawa pada tahun 2008, diseluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten oleh WWF Ujung Kulon dan UKM HIMALA UNMA Banten, survey dilakukan pada beberapa dinas atau intansi dan sekolah serta perguruan tinggi yang ada di setiap kabupaten dan kota, hasil survey tersebut menunjukan 70 %  dari mereka yang diwawancarai menunjukan ketidaktahuan mereka terhadap badak jawa.
Kondisi ini perlu dipikirkan penanganannya, karena tingkat kepedulian masyarakat terhadap kelestarian badak mempengaruhi upaya perlindungan dan pelestarian Badak Jawa ini. Masih belum menjadi kebanggaan oleh sebagian masyarakat merupakan faktor keacuhan dan ketidak pedulian masyarakat terhadap kelestarian badak jawa.
Kurangya upaya penyadartahuan terhadap masyarakat Banten akan arti penting kelastarian Badak Jawa dan sedikitnya informasi yang bisa diakses membuat masyarakat tidak tahu.
Dalam rangka memperingati hari Badak Jawa pada tanggal 21 Juni yang ditetapkan oleh IUCN di Pulau Peucang Taman Nasional Ujung Kulon,kami bermaksud membuat satu momentum besar untuk meningkatkan rasa peduli dan cinta masyarakat Banten terhadap Badak Jawa.
Atas dasar tersebut, kami berniat membuat satu kegiatan yang bertujuan untuk meumbuhkan dan meningkatkan rasa memiliki, kebanggaan dan kepedulian pada Badak Jawa serta kelestarian Taman Nasiolan Ujung Kulon dengan membuat kegiatan Rhinofest 2013.

TUJUAN DI ADAKANNYA KEGIATAN
Kegiatan ini berujuan untuk
  1. Meningkakan Kepedulian masyarakat terhadap kelastarian Badak Jawa dan Taman Nasional Ujung Kulon.
  2. Mewujudkan agenda wisata tahunan di Kabupaten Pandeglang.
  3. Memupuk rasa cinta lingkungan semenjak dini.
  4. Membuat Trand baru oleh anak muda Banten yaitu gaya hidup cinta lingkungan.


ASASRAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan ini adalah:
  1. Siswa TK dan SD se-kabupaten Pandeglang
  2. Pelajar SMP dan SMA se-derajat seprovinsi Banten
  3. Mahasiswa
  4. Aktivis Lingkungan 
TEMA KEGIATAN
“Jadilah satu dari jutaan mereka yang peduli”

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu, Sabtu Tanggal 21 dan senin  tanggal 23 September 2013
Tempat Kegiatan
  • Deklarasi Sayang Badak diselenggarakan disetiap sekolah seprovinsi Banten pada     senin 23 september 2013
  • Rhino Karnavl diadakan di Alun-alun Pandeglang di tanggal 2013

DESKRIPSI KEGIATAN
Karnaval Rhino
Pagelaran karnaval ini yaitu dengan mengenakan kostum identik badak jawa atau badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus, desmares), kegiatan ini diikuti oleh murid-murid TK dan Sekolah Dasar  se-kabupaten  Pandeglang, dengan mengililingi alun-alun dan akan dimeriahkan dengan berbagai pagelaran pentas seni tradisional Banten dan apresiasi seni oleh siswa SMA se-derajat, serta berbagai lomba-lomba.

Deklarasi Badak
Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah-sekolah SMP dan SMA sederajat Se-Provinsi Banten, dengan mengucapkan Serentak kalimat ini:
  1. Kami pelajar Banten
  2. Kami bangga dan cinta Badak Jawa
  3. Kami akan terus peduli pada kelestariannya

TEKNIS PELAKSANAAN KEGIATAN
KARNAVAL
Sebelum acara karnaval, terlebih dulu diadakan kegiatan senam pagi pukul 6 sampai pukul 8, sedangkan acara karnaval dilaksanakan sekitar jam 9 sampai 10 siang, dalam kegiatan karnaval peserta kegiatan akan diarahkan untuk mengelilingi alun-alun Pandeglang dengan memakai atribut dan poster-poster yang berisi selogan-selogan cinta badak.
Kegiatan pelepasan peserta akan dilakukan oleh Bupati Pandeglang dengan melepaskan ratusan balon udara yang digantungi sepanduk yang berisi tulisan Rhinofest2013.
Peserta akan berjalan dengan urutan sebagai berikut:
  1. Peserta pertama karnaval adalah replika Badak Jawa (Mobil dan Becak)
  2. Disusul dengan pasukan marching band
  3. Pasukan ketiga adalah anak-anak TK atau Kober (PAUD) dengan mengenakan atribut dan kostum khas badak jawa
  4. Pasukan karnaval selanjutnya adalah anak-anak usia SD se-derajat dengan membawa poster dan wayang-wayangan badak jawa
  5. Pengiring karnaval lain adalah replika badak yang kecil-kecil
DEKLARASI
Deklarasi dilaksanakan beda hari dengan gebyar karnaval badak, edukasi adalah inti dari kegiatan ini, oleh sebab itu peran roadshow sangat penting dalam kesuksesan kegiatan ini.
Sukarelawan yang mendaftar akan disebar ke sekolah-sekolah yang siap untuk deklarasi mereka akan memvideo saat pengucapan deklarasi.
Kerjasama harus dilakukan dengan pihak sekolah baik dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten utnuk mendapatkan surat dukungan kegiatan, kepala sekolah,  kesiswaan atau Pembina OSIS atau dengan siswanya sendiri. Hal ini penting karena banyak hal yang mesti disiapkan seperti peralatan dan atribut yang akan dikenakan pada saat deklarasi nanti.

MUSIK PARADE DAN JINGLE
Musik-musik yang diperdendangkan nanti diharuskan adalah musik yang tidak provokatif dan bisa diterima oleh banyak kalangan.Lagu-lagu yang disajikan nanti haruslah lagu-lagu yang bertemakan tentang kecintaan terhadap alam.
Selain musik parade dalam acara ini diadakan lomba cipta jingel konservasi badak jawa, dengan tema jingel tentang Badak jawa, Taman Nasional Ujung Kulon dan Banten.
Selain musik, dalam acara puncak nanti akan diadakan beberapa sesi pemutaran video singkat tentang badak dan Taman Nasional Ujung Kulon. Dari kegiatan ini diharapkan mampu untuk menciptakan trend baru tentang pentingnya kelestarian badak dan Taman Nasional ujung Kulon.

1 comment:

  1. mantap acarana, br ni gebrakan jitu dlm memperkenalkan badak jawa di semua kalangan di daerah sendiri, di sadari ataupun tidak pengetahuan tntang badak jawa blm sepenuhnya diketahui oleh masyarakat pandeglang...kita sering terlena dgn mempromokan badak jawa d luar daerah..padahal yang terpenting adalah menumbuhkan rasa memiliki di daerah sendiri trhadap badak jawa itu yg utama...smoga acaranya lancaar..

    ReplyDelete

Popular Posts

Post Top Ad