Kegiatan HIMALA CAMPING GROUND FESTIVAL - HIMALA UNMA BANTEN

HIMALA UNMA BANTEN, Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam yang bertempat di Universitas Methlaul Anwar Banten, dan blog ini menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hususnya informasi Organisasi kami.

Home Top Ad

Post Top Ad

Space Iklan

10/01/2012

Kegiatan HIMALA CAMPING GROUND FESTIVAL



CAMPING GROUND FESTIVAL
PELAJAR TANGGUH 2012 

Camping Ground Festival adalah kegiatan rutin Tahunan UKM HIMALA UNMA Banten yang ditunjukan untuk pelajar menengah atas atau sederajat, bentuk kegiatan Camping Ground festival atau disingkat dengan CGF berupa kegiatan berkemah yang didalamnya ada beberapa kegiatan, diantaranya berbagai kegiatan lomba, pelatihan kepecinta alaman dan seminar lingkungan. Tahun ini adalah tahun ketiga CGF pernah dilaksanakan, secara umum CGF bisa didefinisikan sebagai kegiatan festival berkemah, berbeda dengan kegiatan berkemah yang diadakan oleh PRAMUKA, CGF dititik beratkan pada kegiatan pemahaman atau wawasan tentang lingkungan. Secara khusus Camping Ground Festival (CGF) didefinisikan sebagai wahana berkumpul, belajar dan berkompetisi antar pelajar sekolah tingkat menengah atas dan diadakan sebagai ajang adu kekompakan keluasan wawasan kelingkunganan dan kepecinta alaman. Maka CGF adalah kegiatan berkemah yang diikuti oleh pelajar tingkat menengah atas dalam rangka adu wawasan dan kekompakan, serta ajang silaturahmi dan belajar.

1.      Deskripsi kegiatan (Gambaran pelaksanaan)
Dari definisi yang telah dipaparkan sebelumnya diawal maka CGF memiliki beberapa kegiatan yang diharapkan mampu menunjang maksud-maksud diatas.
Kegiatan-kegiatan yang akan diadakan dalam Camping Ground Festival tahun ini adalah:
a.       Seminar Lingkungan Hidup
Seminar lingkungan hidup adalah salah satu kegiatan yang diadakan untuk memberikan wawasan tentang lingkungan kepada para pelajar sehingga diharapkan mampu memotivasi mereka untuk bisa menjaga kelestarian alam.
Tahun ini CGF akan mengadakan seminar tentang Badak Ujung Kulon, seminar ini penting karena banyak dari kalangan pelajar  yang  tidak mengenal kepada salah satu mascot Indonesia ini.
Materi-materi yang akan disampaikan adalah:
1.      Tata cara konservasi badak
2.      Pembinaan Habitat Badak
3.      Peran pelajar dalam menjaga dan melestarikan badak Ujung Kulon
Dalam kegiatan ini pelajar diharapkan mampu berperan aktif dalam diskusi langsung dan tidak langsung, dalam sesi diskusi peserta akan diwajibkan membuat minimal satu pertanyaan yang dibuat dalam bentuk tulisan, tetapi penyampaian pertanyaan atau pendapat harus disampaikan secaralisan (langsung) dan ditujukan kepada para pembicara.
b.      Lomba Petualangan
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya Perlombaan-perlombaannya dipisahkan (dibuat beberapa katagori), di tahun ini perlombaan-perlombaan CGF dibuat satu kegiatan yaitu petualangan, seluruh anggota dalam tim diikutkan atau diberangkatkan bersama secara utuh (tidak dibagi-bagi) yang diperlombakan dalam kegiatan lomba ini yaitu kecepatan, Logika dan wawasan kealaman.
Sepanjang perjalanan akan dibuat beberapa pos untuk tempat cek point, dan setiap pos yang dilalui harus mendapatkan bukti-bukti cek point berupa tanda tangan di kertas cek dan bendera.
Tanda tangan akan diberikan jika peserta telah sampai di pos dan bendera diberikan kepada peserta jika peserta mampu menaklukan tantangan yang diberikan di setiap posnya.
Jenis-jenis tantangan yang diberikan setiap posnya, yaitu:
1.      Pertanyaan-pertanyaan
Di pos yang mempunyai tantangan seperti ini, peserta diwajibkan menjawab pertanyaan dengan benar dan diberi 3 kali kesempatan untuk menjawab dengan alokasi waktu maksimal 5 menit pertim.
Pertanyaan yang diberikan berupa soal-soal tentang lingkungan dan kepecinta alaman dan beberapa soal logika.
Semua pertanyaan dan jawaban dibuat lisan.Dalam penilaian dipos seperti ini kecepatan dalam menjawab juga dihitung, selain ketepatan jawaban.
2.      Halang Rintang
Dipos Halang Rintang peserta diwajibkan untuk bisa melalui rintangan-rintangan yang diberikan, dalam pos ini tidak semua peserta di ikut sertakan, hanya 1 orang  perwakilan saja.
Selain kemampuan untuk melalui rintangan, waktu tempuh juga dihitung, ini sebagai indicator penilaian.
Jika tantangan telah selesai maka peserta bisa melanjutkan perjalanan kepos-pos selanjutnya hingga ketitik finish.
Akumulasi nilai langsung dihitung dengan mengumpulkan skor dari berbagai indicator yang ditetapkan
c.       Hiburan
Hiburan yang akan dalam Camping Ground Festival adalah berupa Pentas Musik dan Nonton Bareng. Juga ada Freestyle BMX dan pentas kesenian tradisional, Hiburan-hiburan ini diadakan dalam Opening dan closing  Ceremony serta disela kegiatan.

Peserta Camping Ground festival
Peserta Camping Ground Festival adalah Pelajar Putra/putri Sekolah tingkat menengah atas dengan ketentuan
a)      Sehat Jasmani dan Rohani
b)      Mendapatkan ijin resmi dari sekolah asal
c)      Telah registrasi
d)     Setiap tim dibebaskan genre (Putra-putra, putra-putri, putri-putri) dan siap dengan konsekuensi penilaian
e)      Mengisi form-form (kertas isian) berupa perjanjian kegiatan.
f)       Maksimal setiap tim 5 orang dan minimal 3 orang
g)      Setiap tim harus ada personil yang bisa berenang

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Post Top Ad