WANA LESTARI - HIMALA UNMA BANTEN

HIMALA UNMA BANTEN, Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Lestari Alam yang bertempat di Universitas Methlaul Anwar Banten, dan blog ini menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hususnya informasi Organisasi kami.

Home Top Ad

Post Top Ad

Space Iklan

6/11/2012

WANA LESTARI

TEMU KARYA/SARESEHAN PEMENANG LOMBA
PENGHIJAUAN DAN KONSERVASI ALAM
"WANA LESTARI"
2011
Rehabilitasi Hutan dan Pendidikan Daya Dukung DAS dan Konservasi Keanekaragaman Hayati adalah dua dari 6 kebijakan Prioritas Bidang Kehutanan untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari dan masyarakat sejahtera. belajar dari pengalaman masalalu, peran serta masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan rehabilitasi hutan dan konserfasi sumberdaya alam sangat menentukan keberhasilan kegiatan tersebut. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan peranserta masyarakat dalam rehabilitasi hutan dan konserfasi sumberdaya alam antara lain dengan memberikan apresiasi pada masyarakat yang berprestari dalam kegiatan tersebut melalui penyelenggaraan Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) Wana Lestari. Selain untuk memotifasi seluruh komponen masyarakat agar secara aktif beerperan serta dalam upaya rhabilitasi hutan dan koservasi sumberdaya alam, dan untuk menarik para pihak agar berperan serta dalam kegiatan tersebut, melelui kegiatan lomba ini juga di harapkan akan meningkatkan kegitan pendampingan dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Lomba Penghijauan dan Konserfasi Alam Wana Lestari tahun 2011 terdiri dari Lima Belas (15) kategori yang di lombakan, meliputi :
  • Tujuh (7) kategori yang menjadi tanggung jawab Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Alam (SDM) Kehutanan (BP25DMK), meliputi : Penyuluh Kehutanan (PK), Kelompok Tani Hutan /penghijauan (KTH/KTP), Kecil Menanam Dewasa Memenen (KMDM), Penyuluhan Kehutanan Suadaya Masyarakat (PKSM), Desa/Kelurahan Peduli Kehutanan, dan Kontes Pohom (Sengon dan Gemelina).
  • Empat (4) kategori yang menjadi tanggung jawab Direktorat Jndral PHKA, meliputi : Kader Konservasi Alam (KKA), Kelompok Pecinta Alam (KPA), Polisi Kehutanan (POLHUT), serta Penyidik Pegawai Negri Sipil (PPNS), dan
  • Lima (5) kategori yang menjadi tanggung jawab Perum Pertani Meliputi : BKPH, RPH, Mandor Pendamping PHBM, Mandor Tanam dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan/LMDH.
Dalam hal ini UKM HIMALA UNMA Banten telah terpilih menjadi salah satu pesreta dalam kegiatan  Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) Wana Lestari mewakili Provinsi Banten Pada tahun 2011. Dalam hal ini UKM HIMALA UNMA Banten telah di rekomendasikan Balai Taman Nasional Ujung Kulon sebagai salah satu peserta yanag di calonkan di Kabupaten Pandeglag, setelah melewati beberapa tahapan seleks HIMALA mendapatkan juara pertama di kabupaten dan kemudian di seleksi di tingkat Provinsi Banten, beberapa tahapan seleksi telah di lewati dan ahirnya menjadi juara di tingkat Provinsi dan mewakili Banten ketingkat Nasional. Dalam penyeleksian di tahapan Nasional HIMALA hanya mendapat penghargaan sebagai juara pertama tingkat Provinsi.
Adapun kegiatan yang di ikuti dalam Lomba Penghijauan dan Konserfasi Alam (PKA) Wana Lestari, sebagai berikut :
  1. Pembukaan Temu Karya
  2. Penjelasan Kepala Pusat Pengembangan Penyuluhan Kehutanan
  3. Membangun Komitmen/Motivasi
  4. Sharing Pengalaman
  5. Sidang Paripurna DPR RI
  6. Mengikuti Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-66 dan Ramah Tamah Dengan Presiden RI
  7. Temu Wicara Dengan Mentri Kehutanan
  8. Karya Wisata
  9. Penutupan Temu Karya
Waktu dan Tempat Temu Karya/Saresehan Pemenang Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) Wana Lestari Tahun 2011 di selenggarakan pada tanggal 14 s/d 18 Agustus 2011 di Hotel Grand Cempaka Jalan Letjen. Suprapto No. 51 Cempaka Putih Jakarta Pusat.



Salam Lestari..................

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Post Top Ad